logo

24/11/18

Jangan Bungkam Generasi Muda, Contoh Cara Soeharto “Mendidik” Mereka

Jangan Bungkam Generasi Muda, Contoh Cara Soeharto “Mendidik” Mereka

OLEH: M. HATTA TALIWANG

MENDIDIK kader bangsa bukan dengan membungkam mereka dengan uang, dengan fasilitas, dengan benda atau materi, dengan sogokan macam macam.

Bukan juga dengan jebakan seperti wanita, narkoba, proyek, kriminalisasi dan lain sebagainya.

Karena kalau demikian pada akhirnya generasi muda bangsa akan tumbuh menjadi apatis, tak peduli pada masalah rakyat, tak sensitif atas kejahatan pejabat, tak mau tahu dengan pengkhianatan penguasa, tidak akan berjuang atas penguasaan bangsanya oleh asing dan seterusnya.

Apakah generasi muda demikian yang mau diproduksi oleh para generasi senior yang sedang berkuasa?

Rezim Soeharto dulu memang keras. Tapi, ibarat menangkap ikan, ia hanya dengan menjaring. Tidak dgn mengebom atau meracuni (dengan potasium).

Bibit bangsa yang kritis sekarang, sepertti Hariman Siregar, Rizal Ramli, Syahganda Nainggolan, dan lain-lain adalah “hasil tempaan atau didikan” rezim Soeharto.

Sekarang situasinya sangat memprihatinkan. Segitu banyak masalah bangsa yang muncul ke permukaan, mahasiswa bungkam, sunyi senyap. Mau jadi apa bangsa ini, generasi mudanya?

Didiklah generasi muda. Beri ruang untuk mereka kritis. Janganlah dibungkam dengan berbagai cara sehingga bibit kepemimpinan bangsa ini punah. [***]

Penulis adalah mantan anggota DPR RI dan peminat catur.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...