logo

08/11/18

Inilah Daerah Rawan Banjir Di Jakarta Timur

 Inilah Daerah Rawan Banjir Di Jakarta Timur

NUSANEWS - Jelang musim penghujan di akhir tahun, beberapa kawasan di Ibu Kota kerap terdampak banjir. Salah satunya di kawasan Jakarta Timur. Ada beberapa titik yang kerap menjadi kawasan langganan banjir salah satunya daerah Cipinang Melayu.

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar membenarkan jika beberapa kawasan kerap digenangi banjir. "Timur yang rawan daerah Cipinang-Melayu (Cimel) terus daerah Kramat Jati, Cawang ya sepanjang bantaran Ciliwung," ujar Anwar di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (8/11).

Meski tahu bahwa daerah tersebut kerap tergenang banjir tiap tahunnya, Anwar sudah menyiasatinya dengan penanggulangan-penanggulangan khusus salah satunya dengan menyiapkan posko bantuan.

"Ya kita tetep aja protap kita biasa kita tetap nyiapin petugas-petugas di sana kita siapkan dapur umum, kita siapkan penampungan dsb. Termasuk petugas kesehatan," tambah Anwar.

Antisipasi lain juga sudah dilakukan oleh pemerintah kota Jakarta Timur, mulai dari memperbesar sodetan, normalisasi sungai dan sebagainya. Ini dilakukan untuk mengurangi daerah yang terkena banjir di Jakarta Timur.

Sejauh ini, Anwar mengatakan bahwa kawasan rawan banjir belum digenangi banjir meski sudah memasuki musim penghujan. Ia pun berharap agar banjir bisa berkurang didaerahnya.

"Mudah-mudahan belum jangan sampai terjadi ya," tutup Anwar.

Menurut  data yang dipetakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta kawasan Jakarta Timur yang rawan banjir terdapat di area Kebon Nanas (Kelurahan Cipinang Besar Selatan), Bidara Cina (Kelurahan Bidara Cina). Selanjutnya, Kampung Melayu (Kelurahan Kampung Melayu),  Cipinang Indah (Kelurahan Pondok Bambu); Malaka Selatan (Kelurahan  Malaka  Sari, Pondok Kelapa (Kelurahan Kelapa),  Tegal Amba (Kelurahan Duren Sawit).

Selanjutnya, Halim Perdana Kusumah (Kelurahan Halim Perdana Kusumah), Cipinang Melayu (Kelurahan Cipinang Melayu), Kampung Makasar (Kelurahan Makasar). Kemudian kawasan Kramatjati (Kelurahan Kramatjati), Al Hawi (Kelurahan Cililitan), Perumahan BHP (Kelurahan Dukuh).

Kawasan rawan banjir juga ada di Kampung Rambutan (Kelurahan Kampung Rambutan), Ciracas (Kelurahan Ciracas), Cibubur (Kelurahan Cibubur), Kelapa Dua Wetan (Kelurahan Kelapa Dua Wetan). Serta kawasan depan Pasar Cibubur (Kelurahan Pekayon), dan Gandaria (Kelurahan Kalisari). [jto]

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...