logo

07/11/18

Hasil Terbaru KNKT: Sensor AOA Lion Air PK-LQP Rusak

Hasil Terbaru KNKT: Sensor AOA Lion Air PK-LQP Rusak

NUSANEWS - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendapatkan temuan terbaru dari hasil pemeriksaan flight data recorder (FDR) black box Lion Air PK-LQP. Menurut KNKT, kerusakan ditemukan dari sensor AOA atau angle of attack.

"Setelah dilakukan troubleshooting (pencarian sumber masalah secara sistematis), yang rusak adalah AOA," ucap Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di kantornya, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

"AOA itu mengukur sudut pesawat terhadap aliran udara. Jadi, kalau pesawatnya seperti ini (kondisi mendatar), ini nol, tapi kalau pesawatnya naik, nah itu AOA itu berapa derajat terhadap aliran udara akan terbaca," imbuh Soerjanto.

Soerjanto mengatakan sensor AOA menunjukkan perbedaan pada saat penerbangan sebelum JT 610, yaitu dari Bali ke Jakarta. Dalam penerbangan itu, AOA pesawat PK-LQP sebelah kiri berbeda 20 derajat dengan sebelah kanan.

"Pilot melakukan beberapa prosedur dan akhirnya dapat mengatasi masalah dan pesawat dapat mendarat di Jakarta dengan selamat," ujar Soerjanto.

Menurut Soerjanto, sensor AOA itu sudah diganti setelah pilot melaporkan adanya kerusakan pada penunjuk kecepatan atau airspeed indicator. Dia menyebut sensor AOA dengan airspeed indicator merupakan satu bagian.

"Jadi kenapa yang rusak penunjuk kecepatan (tapi) yang diganti angle of attack? Karena memang itu satu bagian dari sistem," ucapnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...