logo

04/11/18

Harap-harap Cemas, Tims SAR Genjot Cari Black Box Rekaman Percakapan Pilot, Untungnya…

Harap-harap Cemas, Tims SAR Genjot Cari Black Box Rekaman Percakapan Pilot, Untungnya…

NUSANEWS - Proses pencarian Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air dengan registrasi PK-LQP masih terus dilakukan tim gabungan pencarian dan evakuasi di bawah komando Basarnas.

“Semoga CVR bisa segera ketemu. Dan akan dicocokkan dengan FDR (Flight Data Recorded),” kata pengamat penerbangan, Ruth Hanna Simatupang dalam sebuah talkshow di salah satu televisi swasta, Minggu (4/11).

Ruth menambahkan, dengan ditemukannya CVR ini, KNKT bisa membuat rekonstruksi untuk mengungkap jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang.

Diketahui, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah menunggu ditemukannya kotak hitam atau black box jenis Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air registrasi PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Dalam proses pencarian di bawah laut, tim mendapat alat tambahan ping locater.

Sejauh ini tim evakuasi baru menerima FDR atau Flight Data Recorder. FDR tersebut berisi percakapan terjadi di dalam kokpit.

FDR saat ini masih diperiksa oleh KNKT. Pemeriksaan tersebut membutuhkan waktu satu minggu karena kondisi FDR sedang tahap pembersihan.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...