logo

05/11/18

Hanya 5 Peserta Tes CPNS Penuhi Passing Grade, Kok Bisa?

Hanya 5 Peserta Tes CPNS Penuhi Passing Grade, Kok Bisa?

NUSANEWS - Proses penjaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Banyuwangi berlanjut kemarin (3/3). Hasilnya, pada SKD yang digelar di kantor Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, tren minimnya peserta yang memenuhi ambang batas nilai minimal kembali terjadi.

Pada sesi pertama pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hari ketiga kemarin, ”hanya” satu orang di antara 59 peserta yang memenuhi passing grade (PG). Pada sesi dua dan tiga, jumlah peserta yang mencapai ambang batas nilai minimal hanya empat orang. Yakni dua orang dari jumlah peserta 59 peserta sesi dua, serta dua orang dari 59 peserta pada sesi tiga. Artinya, jumlah peserta yang mencapai ambang batas minimal hingga sesi ketiga sebanyak 5 orang dari total 177 peserta.

Sedangkan pada hari pertama pelaksanaan seleksi CPNS, jumlah peserta mencapai 285 orang. Dari jumlah sebanyak itu, peserta yang berhasil mencapai PG sebanyak 19 orang. Di hari kedua, pelamar CPNS yang memenuhi PG sebanyak 13 orang dari total peserta 291 orang. Dengan demikian, total peserta yang memenuhi PG sejak hari pertama SKD hingga sesi ketiga hari ketiga kemarin sebanyak 37 orang.

Salah satu peserta, Hari mengatakan, setelah mengerjakan soal, hasil ujian langsung tampil di layar komputer. ”Ternyata hasilnya tidak mencapai PG. Kurang sedikit,” ujarnya.

Hari mengaku nilai yang dia raih pada kriteria soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) melebihi ambang batas minimal. Yakni sebesar 105 diri batas bawah 75. Pada soal kriteria soal Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), nilai yang dia peroleh sebesar 70 dan 136. Sedangkan ambang batas nilai TIU sebesar 80 dan TKP 143. ”Saya salah strategi. Mungkin hasilnya akan berbeda jika soal yang sulit dilewati dulu. Karena waktu yang tersedia hanya 90 menit sedangkan jumlah soal mencapai 100 butir,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, sebenarnya para peserta SKD CPNS memiliki kualifikasi yang bagus. Setidaknya mereka sudah lolos seleksi administrasi meskipun pemkab menetapkan standar indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi, yakni minimal 3.

Namun, hingga sesi ketiga hari ketiga kemarin, jumlah peserta yang memenuhi PG ”hanya” 36 orang. Tidak sedikit peserta yang meraih nilai bagus pada kriteria soal tertentu, namun kurang bagus pada kriteria soal yang lain.

Karena itu, Anas mengimbau calon peserta SKD untuk mengatur waktu mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya. ”Ingat, jumlah soal sebanyak 100 butir dan waktu mengerjakan 90 menit. Kelola waktu dengan baik. Jangan lupa berdoa,” tuturnya.

Sekadar diketahui, di antara total peserta yang mengikuti SKD belum dipilah pelamar untuk setiap formasi, yakni formasi umum, cumlaude, dan disabilitas. Sedangkan PG untuk formasi umum, formasi cumlaude, dan disabilitas berbeda. Ambang batas nilai minimal itu diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 37 Tahun 2018.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi Nafiul Huda mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan jumlah peserta yang lolos dan berhak melaju ke tahap seleksi selanjutnya, yakni seleksi kompetensi bidang. ”Karena kewenangan mengumumkan peserta lolos SKD atau tidak bukan ranah kami. Kewenangan mengumumkan ada di Badan Kepegawaian Negara (BKN),” pungkasnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...