logo

05/11/18

Emak-emak Ngamuk Pukul Sopir, Bus Terjun ke Sungai, 15 Tewas

Emak-emak Ngamuk Pukul Sopir, Bus Terjun ke Sungai, 15 Tewas

NUSANEWS - Kemarahan Liu berujung petaka. Bukan hanya dirinya, tapi seluruh penumpang bus mengalami nasib tragis. Bus terjun ke sungai. Sebanyak 15 penumpang tewas dan 11 lainnya masih hilang.

Kecelakaan maut itu terjadi akibat Liu mengamuk menyerang sopir bus. Emak-emak itu emosi lantaran tempat pemberhentiannya terlewat.

Berdasarkan rekaman CCTV di dalam bus serta hasil penyelidikan yang dirilis oleh pihak kepolisian Wanzhou, Chongqing, Tiongkok (2/11) diketahui bahwa saat itu pemberhentian Liu terlewat. Emak-emak berusia 48 tahun itu kemudian mendatangi Ran yang mengemudikan bus.

“Dia minta agar bus itu segera menepi,” tulis The Guardian berdasarkan paparan pihak kepolisian.

Ran menolak. Mungkin karena saat itu mereka ada di atas jembatan. Penolakan itulah yang membuat Liu marah. Mereka berdua beradu argumen. Beberapa kali Ran menoleh ke belakang. Begitu pertengkaran memuncak, Liu langsung memukulkan telepon genggamnya ke kepala Ran sebanyak dua kali.

Di jembatan inilah bus terjun ke sungai

Sopir 43 tahun itu berusaha membalas dengan salah satu tangannya. Tangan lainnya masih memegang kemudi. Apa daya, dia akhirnya tak bisa mengontrol laju kendaraan. Bus tersebut menabrak pembatas jembatan dan terjun ke Sungai Yangtze.

“Tindakan sopir dan penumpang tersebut sangat membahayakan keselamatan publik serta melanggar hukum,” bunyi pernyataan Kepolisian Wanzhou.

Polisi juga merilis video yang diambil dari rekaman kamera dasbor kendaraan lain. Diketahui bus itu sempat oleng dan menabrak mobil lain sebelum terjatuh ke sungai. Bus berada sekitar 71 meter di bawah permukaan sungai. Seluruh kaca jendelanya pecah.

Sebanyak 18 penyelam profesional, 20 penyelam cadangan, dan 70 perahu penyelamat dikerahkan untuk mencari semua korban.

Bangkai bus dievakuasi

Hingga kemarin, korban hilang masih belum ditemukan. Bus nahas itu baru bisa diangkat Kamis (1/11).

“Misi penyelamatan sulit karena ukuran bus yang kecil, kedalaman air, minimnya pengelihatan dan pergerakan arus air,” terang Kementerian Manajemen Kedaruratan Tiongkok seperti dilansir People’s Daily.

Video rekaman kondisi sesaat sebelum kecelakaan itu memicu reaksi banyak pihak. Kebanyakan langsung menyalahkan Liu.

“Jika kita melihat penumpang adu mulut dengan sopir bus, kita seharusnya tidak tinggal diam,” tulis salah satu pengguna Weibo, media sosial khas di Tiongkok.

Berikut video detik-detik bus terjun ke sungai setelah sopirnya berkelahir dengan emak-emak:




SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...