logo

04/11/18

Buntut Kecelakaan Lion Air, Kemenhub Periksa 27 Pesawat Buatan Boeing, Ini Hasilnya

Buntut Kecelakaan Lion Air, Kemenhub Periksa 27 Pesawat Buatan Boeing, Ini Hasilnya

NUSANEWS - Direktorat Kelaikan keudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub melakukan inpeksi terhadap 27 pesawat buatan Boeing yang dioperasikan oleh beberapa maskapai penerbangan di Indonesia.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Pramintohadi Sukarno menjelaskan inpeksi itu dilakukan kepada Lion Air, Garuda dan Wings Air. Hasilnya semua pesawat itu dinyatakan memenuhi standar kelaikan terbang.

“Hasil pemeriksaan serluruh pesawat telah memenuhi kelaikan udaraan,” kata dia saat ditemui digedung kementerian Perhubungan di Jakarta, Sabtu (3/11).

Sementara untuk penyelidikan terahadap semua pesawat milik Lion Air terkait insiden jatuhnya pesawat JT 610 hingga kini masih dilakukan oleh kementerian perhubungan. Hasil inpeksi bakal diumumkan setelah penyelidikan tuntas dilakukan.

“Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap jenis pesawat lion air yang beroperasi dan terus dilaksanakan sampai dengan hari ini masih akan terus berlangsung,” tukasnya.

Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh diperairan tanjung Karawang Jawa Barat adalah pesawat Boeing jenis 373 8 MAX. Dimana jenis pesawat ini merupakan jenis pesawat Boing produksi terbaru.

Soal jenis pesawat ini Kemenhub juga sudah memeriksa 11 pesawat 373 8 MAX yang saat ini beroperasi di Indonesia.

Pemeriksaan dilakukan di beberapa tempat yakni bandara Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Kualanamu Medan, Bandara Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Denpasar dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Sampai hari ini dapat kami sampaikan seluruh hasil inspeksi hasilnya adalah memenuhi standar kelaikan,” tuntasnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...