logo

24/11/18

Bukti Pencucian Uang Rp 5,6 M Ditemukan Polisi di Mesin Cuci

Bukti Pencucian Uang Rp 5,6 M Ditemukan Polisi di Mesin Cuci

NUSANEWS - Istilah 'pencucian uang' sangat tepat disematkan dalam kasus yang terjadi di Belanda ini. Kepolisian Belanda mendapat temuan sejumlah besar uang tunai yang disembunyikan di dalam tabung sebuah mesin cuci.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (24/11/2018), temuan uang tunai itu jumlahnya disebut mencapai 350 ribu Euro (Rp 5,6 miliar). Temuan itu didapat dalam penggerebekan di sebuah rumah yang ada di Amsterdam sebelah barat pada Senin (19/11) lalu.

Kepolisian setempat menyebut penggerebekan ini merupakan bagian dari penyelidikan terhadap dugaan 'penipuan perumahan, pencucian uang dan tindak kejahatan lainnya'.

Temuan uang tunai itu diduga hasil dari tindak pidana pencucian uang. Kebetulan lokasi temuannya ada di dalam mesin cuci. Kepolisian Belanda menyita uang tersebut dan menangkap seorang pria yang ada di dalam rumah saat penggerebekan dilakukan.

Pria itu ditangkap atas tuduhan pencucian uang. Identitasnya tidak diungkap ke publik, hanya disebut usianya 24 tahun. Laporan menyebut pria itu tidak terdaftar secara resmi sebagai penduduk setempat dan masih diperiksa oleh otoritas setempat.

"Otoritas setempat mengungkapkan bahwa tidak ada satu orangpun yang (tercatat) tinggal di alamat tersebut," sebut Kepolisian Belanda dalam pernyataannya kepada CNN.

"Ketika polisi melakukan pemeriksaan di dalam rumah, mereka menemukan 350 ribu Euro disembunyikan di dalam mesin cuci," imbuh pernyataan itu.

Dalam penggerebekan ini, polisi juga menyita sejumlah telepon genggam, satu pucuk senjata api dan sebuah mesin penghitung uang.

Dalam foto yang dirilis kepolisian setempat, terlihat tumpukan uang tunai berbentuk kertas pecahan 20 Euro dan 50 Euro itu disimpan di dalam mesin cuci berbentuk tabung.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...