logo

05/11/18

Bawaslu Bakal Periksa Erick Thohir Soal Kampanye Jokowi di Media Massa

Bawaslu Bakal Periksa Erick Thohir Soal Kampanye Jokowi di Media Massa

NUSANEWS - Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) mengaku siap bertanggung jawab atas kasus dugaan pelanggaran kampanye yang melibatkan iklan di salah satu media massa nasional. Bawaslu berencana memanggil Ketua TKN KIK Erick Thohir guna memberikan keterangan lebih lanjut.

"Ya kita siap datang karena sejak awal saya pribadi ikut tanggung jawab terhadap rekening dana kampanye itu," kata Sekretaris TKN KIK Hasto Kristyanto di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018).

Hasto mengatakan, sosialisasi dana kampanye itu sebenarnya merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Dia melanjutkan, sosialisasi juga bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas terhadap keuangan dana kampanye.

"Sehingga ketika itu ditanggapi sebagai bentuk pelanggaran, kami malah justru bertanda tanya terhadap hal tersebut," kata Hasto yang mengenakan jaket berwana putih ini.

Menurut Hasto, keberadaan undang-undang (UU) sedianya harus melihat suasana kebatinan ketika peraturan itu dibuat. Dia mengatakan, hukum harus melihat juga dalam praktek sebagaimana amanat dari para pendiri bangsa Indonesia.

Dia melanjutkan, terlebih ketika UU itu dibuat, khususnya terkait rekening dana kampanye yang memang untuk disampaikan kepada masyarakat luas. Lebih lanjut, dia berpendapat, sosialisasi rekening itu merupakan bagian dari indikator peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia.
"Tapi jika diputuskan melanggar, ya saya pribadi bertanggungjawab akan hal tersebut," tegas Hasto.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...