logo

03/11/18

Awas, Minuman Soda Munculkan Penyakit Ginjal Kronis

Awas, Minuman Soda Munculkan Penyakit Ginjal Kronis

NUSANEWS - Belakangan ini gaya hidup sehat sedang banyak dikampanyekan oleh berbagai media, dipicu oleh peningkatan jumlah penderita penyakit kronis. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi hanya makanan sehat dan alami, serta menghindari jenis makanan olahan atau makanan yang telah diawetkan.

Dalam salah satu penelitian, diungkap bahwa konsumsi daging olahan (sosis, burger, kornet, dll) serta minuman bersoda adalah salah satu pemicu penyakit ginjal kronis.

Studi itu bahkan telah dipresentasikan pada ASN Kidney Week 2018 pada 23-28 Oktober di San Diego Convention Center.

Studi itu memaparkan bahwa daging olahan dan minuman soda memicu peradangan di organ ginjal, sehingga risiko munculnya penyakit ginjal kronis meningkat.

Ilmuwan dalam studi itu mengambil sampel nasional dari 1.084 orang penderita penyakit ginjal kronis. Makanan mereka dianalisa, termasuk kebiasaan minum minuman berkarbonasi.

Menurut Tanushree Banerjee, salah satu ilmuwan dari University of California-San Fransisco, dari hasil studi itu mereka dapat menganjurkan diet aman bagi penderita penyakit ginjal.

Tak hanya makanan dan minuman olahan, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE itu, pencemaran udara parah juga meningkatkan risiko penyakit gagal ginjal. Ini umumnya terjadi di wilayah perkotaan atau industri.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...