logo

27/10/18

Tol Suramadu Digratiskan, Investasi Rp 5 Triliun yang Kembali Hanya Segini…

Tol Suramadu Digratiskan, Investasi Rp 5 Triliun yang Kembali Hanya Segini…

NUSANEWS - Mau tahu berapa ruas tol Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura sejak beroperasi pada 2009 hingga digratiskan pemrintah hari ini, Sabtu (27/10) .Data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat sejak dioperasikan 2009, jembatan terpanjang di Indonesia yang dipungut biaya ini telah menyumbangkan pendatan sekitar Rp 1,5 triliun bagi negara.

“Pendapatan tol masuk sebagai penerimaan negara dalam bentuk PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak). Peran PT Jasa Marga hanya sebagai pengelola saja,” demikian Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna kepada pers disela acara pembebasan tarif Jembatan Tol Suramadu di Madura, Sabtu (27/10) ).

Lalu Lintas Harian (LHR) ruas tol Jembatan Suramadu sebanyak 20.800 kendaraan. Dengan digratiskannya Jembatan Suramadu, kata Herry, maka seluruh dukungan Jembatan Suramadu akan menggunakan dana APBN.

Apalagi, mulai Sabtu (27/10) pukul 16.30, Pemerintah menggratiskan tarif tol Jembatan Suramadu setelah beroperasi selama sembilan tahun menghubungkan Pulau Jawa dan Madura.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama beberapa pejabat dan tokoh-tokoh masyakarakat secara resmi diumumkan secara gratis jembatan terpanjang di Indonesia di atas jembatan

Jembatan Suramadu diresmikan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada 2015 dengan investasi Rp 5 triliun. Selain memanfaatkan dana APBN, pembangunan Jembatan Suramadu dan juga memanfaatkan pinjaman Pemerintah Tiongkok

Jokowi mengungkapkan bahwa tarif pertama kali dilakukan pada 2015 untuk sepeda motor. “Itu menanggapi permintaan alim ulama, kiai dan tokoh masyarakat lain yang meminta penghapusan tarif untuk sepeda motor,” kata Jokowi.

Pada tahun 2016, Pemerintah merespon kebutuhan masyarakat, masyarakat dan dunia dengan memangkas tarif sebesar 50 persen. Dengan potongan itu, tarif kendaraan tol Jembatan Suramadu untuk jenis roda empat turun dai Rp 30 ribu menjadi Rp 15 ribu sekali melintas.

“Pemotongan itu juga signifikan bagi pengembangan Madura secara keseluhan,” aku Jokowi.

Tahun ini, Pemerintah RI menggratiskan tol Jembatan Suramadu dengan harapan Madura bisa berkembang lebih baik lagi dalam mendukung pengembangan wilayah.

Jokowi menyebut kebijakan pemerintah menggratiskan tarif tol Jembatan Suramadu sebagai bagian dari upaya untuk memajukan ekonomi Madura yang masih tertinggal di daerah lain di Jawa Timur.

“Dengan gratisnya tarif Jembatan Suramadu, kami dapat investasi ke Madura bisa berkembang, properti tumbuh dan perekonimian berkembang,” pungkasnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...