logo

23/10/18

Tingkat Kemiskinan hingga Rasio Gini Diklaim Terendah di Era Jokowi-JK

Tingkat Kemiskinan hingga Rasio Gini Diklaim Terendah di Era Jokowi-JK

NUSANEWS - Tingkat kemiskinan yang dicapai pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla diklaim merupakan yang paling rendah selama puluhan tahun terakhir. Sebab, saat ini angka kemiskinan sudah satu digit.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menegaskan bahwa tingkat kemiskinan yang dicapai pemerintah itu adalah posisi yang terbaik dalam sejarah. Sebelumnya, tingkat kemiskinan diketahui masih berada di level dua digit yakni 10,96 persen pada 2014.

“Yaitu 9,82 persen, satu digit," kata Darmin dalam paparan empat tahun kerja pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018.

Sementara itu, Darmin juga mengatakan, angka ketimpangan yang diukur oleh rasio gini juga membaik sejak 7 atau 8 tahun terakhir. Rasio gini berada di level  0,389 pada Maret 2018 dari semula pada 2014 sebesar 0,414.

Ia melanjutkan, tingkat pengangguran juga berada dalam posisi yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir, karena secara konsisten terus menurun dan berada di angka 5,13 persen. Perbaikan ekonomi juga ditunjukkan dengan inflasi yang semakin rendah.

"Dalam periode empat tahun terakhir kinerjanya sungguh bisa dibanggakan, jauh lebih stabil karena inflasi bergerak di sekitar 3,5 persen. Kita sudah mendekati kinerja negara-negara yang mampu mewujudkan inflasi rendah," tuturnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...