logo

13/10/18

Soal Hukuman Mati, Indonesia Diminta Tiru Langkah Malaysia

Soal Hukuman Mati, Indonesia Diminta Tiru Langkah Malaysia

NUSANEWS - Amnesty Intrenational Indonesia menunggu langkah DPR RI untuk mendorong penghapusan hukuman mati.

Desakan kelompok HAM ini semakin kuat kepada pemerintah Indonesia menyusul langkah Pemerintah Malaysia yang mengumumkan moratorium eksekusi mati.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid mengatakan,  Jika inisiatif Malaysia datang dari Pemerintah, maka DPR RI dapat menjadi inisistor rencana penghapusan hukuman mati di Indonesia.

“DPR bisa menjadi inisiator dan motor gerakan politik tentang penghapusan hukuman mati untuk semua kejahatan,” papar Usman Hamid, Jumat (12/10/2018)

Usman Hamid mengatakan, Komisi I DPR bisa menyampaikan kepada Menteri Luar Negeri agar pemerintah Indonesia segera mengambil sikap mendukung Resolusi ke 7 Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang moratorium penggunaan hukuman mati.

Hingga saat ini, sudaa 106 negara di dunia telah menghapus hukuman mati dalam undang-undang atau praktik. Malaysia akan segera bergabung dalam pro HAM tersebut.

“Keputusan pemerintah Malaysia adalah kebijakan pro HAM yang sepatutnya ditiru oleh Pemerintah Indonesia,” timpal Usman Hamid.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...