logo

13/10/18

Sandi soal 'Winter is Coming': Sistem Ekonomi Internal Diperbaiki Dulu

Sandi soal 'Winter is Coming': Sistem Ekonomi Internal Diperbaiki Dulu

NUSANEWS - Pidato Presiden Joko Widodo di gelaran IMF-World Bank 2018 yang mengaitkan film Game of Thrones mendapat banyak sorotan. Tanpa terkecuali Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno.

Sandi tak menampik perumpamaan winter is coming dari Jokowi itu cocok dengan kondisi ekonomi dunia terhadap Indonesia. Kendati demikian, Sandi menyebut kondisi ekonomi Indonesia tak bisa disamakan dengan film Game of Thrones.

"Indonesia itu enggak bisa direlate ke salah satu film," kata Sandi usai menghadiri deklarasi Ikatan Guru Ngaji DKI Jakarta, di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta, Sabtu (13/10).

Sebab ia menilai permasalahan ekonomi Indonesia saat ini berkaitan dengan sistem perekonomian yang dijalankan pemerintah. Menurut Sandi, lebih baik sistem perekonomian Indonesia diperbaiki terlebih dahulu sebelum membahas ekonomi dunia, seperti perang dagang dan lainnya.

"Yang penting internal itu, sistem ekonomi internal yang perlu kita perbaiki itu, bukan winter (eksternal). Itu menurut saya kemarau yang sangat panjang sekali yang belum kita perbaiki sekarang ini," ungkap Sandi.

"Our own bussines (sekarang) yaitu untuk melakukan reformasi struktural di bidang ekonomi," tambahnya.

Ia menuturkan perekonomian Indonesia bakal kacau jika elite pemerintah tak berani membenahi sistem yang diterapkan saat ini. "Kalau kita enggak benahi, hanya minta dunia menyikapi situasi perang dagang, kita enggak akan bisa fokus ke bisnis kita," ujarnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...