logo

28/10/18

Robert D. Bowers, Pelaku Serangan Anti-Semit Terancam Hukuman Mati

 Robert D. Bowers, Pelaku Serangan Anti-Semit Terancam Hukuman Mati

NUSANEWS - Robert D. Bowers menghadapi 29 tuduhan kejahatan kekerasan federal setelah ia melepaskan tembakan selama upacara pemberian nama bayi di sebuah sinagoga di kota Pittsburgh, AS, Sabtu (27/10) waktu setempat.

Insiden nahas ini menewaskan 11 orang dan melukai enam orang dalam serangan anti-Semit paling mematikan dalam sejarah AS baru-baru ini.

Para jaksa AS mendakwa dia dengan 29 tuduhan kejahatan kejahatan federal, termasuk 11 tuduhan menggunakan senjata api untuk melakukan pembunuhan dan 11 tuduhan menghalangi pelaksanaan agama yang mengakibatkan kematian.

"Kejahatan kekerasan didasarkan pada undang-undang hak sipil federal yang melarang kejahatan kebencian," kata pihak berwenang, mengutip AFP, Minggu (28/10).

Pihak berwenang mengatakan, dakwaan awal Bowers bisa membawa hukuman mati.

Presiden AS, Donald Trump mengecam penembakan itu sebagai tindakan massal paling jahat.

"Serangan Anti-Semit yang jahat ini adalah serangan terhadap kita semua," kata Trump di hadapan para pendukungnya di sebuah rapat umum pemilihan umum di Illinois.

"Kita harus berdiri bersama saudara-saudara Yahudi kita untuk mengalahkan anti-Semitisme dan mengalahkan kekuatan kebencian," lanjut Trump.

Kanselir Jerman Angela Merkel ikut mengecam tindakan kebencian anti-Semit. mengatakan: "Kita semua harus berdiri melawan anti-Semitisme, di mana-mana."

Sekjen PBB Antonio Guterres juga menyerukan front persatuan untuk menggulingkan kekuatan rasisme, anti-Semitisme, Islamophobia dan bentuk-bentuk kebencian lainnya, kefanatikan, diskriminasi dan xenophobia mendapatkan kekuatan di banyak bagian dunia.[wid]


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...