logo

12/10/18

Rizal Ramli: Saya Malu, Dulu Bangga-banggakan Mobil Esemka dengan Mas Jokowi di Metro TV

Rizal Ramli: Saya Malu, Dulu Bangga-banggakan Mobil Esemka dengan Mas Jokowi di Metro TV

NUSANEWS - Kehadiran Vietnam dalam industri otomotif dunia seakan menampar muka Indonesia. Sebab, Indonesia yang sejak tahun 2012 mendapat angin segar kehadiran mobil nasional, Esemka, tak kunjung menjadi kenyataan.

Belum lama ini, Vietnam meluncurkan mobil nasionalnya dalam acara Paris Motor Show 2018. Ada dua mobil yang diluncurkan, yaitu jenis sedan dan SUV.

Ekonom senior DR Rizal Ramli mengaku malu hati dengan peluncuran itu. Sebab, dia merupakan bagian dari orang yang membanggakan kehadiran mobil nasional.

Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu bahkan ikut membanggakan mobil Esemka yang sempat dipromosikan Presiden Joko Widodo saat masih menjabat sebagai walikota Solo.

“Saya malu hati, dulu membangga-banggakan mobil Esemka dengan Mas Jokowi di acara Metro TV tahun 2012,” sambungnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (12/10).

Dia menjelaskan bahwa Indonesia sangat potensial untuk bisa memproduksi mobil nasional sendiri. Sebab, pembuatan pabrik otomotif hanya membutuhkan minimun ekonomic of scale 400 ribu unit.

“Sementara pasar dalam negeri ada 1,7 juta unit,” lanjut mantan Menko Kemaritiman itu.

Dia mengaku prihatin karena Indonesia hingga kini tidak mampu membuat terobosan itu. Sementara di satu sisi, Vietnam yang secara ekonomi masih berada di bawah Indonesia telah lebih dulu membuat terobosan.

“Vietnam tiba-tiba menerobos dengan mobil VinFast-nya. Saya sedih dan prihatin,” tutup pria yang akrab disapa RR itu. [ian]

SUMBER © NUSANEWS.ID

KOMENTAR PEMBACA

loading...