logo

24/10/18

Otto Hasibuan Beberkan Kejanggalan Pemanggilan Rizal Ramli, Polisi Langgar Prosedur

Otto Hasibuan Beberkan Kejanggalan Pemanggilan Rizal Ramli, Polisi Langgar Prosedur

NUSANEWS - Kuasa Hukum Rizal Ramli, Otto Hasibuan menilai ada yang janggal terkait surat pemanggilan terhadap kliennya.

Pasalnya, dalam surat pemanggilan itu sudah tertulis kalau kasus ini masuk dalam tahap penyidikan.

“Sebagaimana kita tahu, sebenarnya menurut hukum itu sebelum dilakukan penyidikan harus dilakukan dulu penyelidikan. Tapi di dalam surat panggilan yang disampaikan kepada Rizal Ramli, kami tidak melihat ada surat perintah penyidikan,” kata Otto di Mapolda Metro Jaya, Rabu (24/10).

Dengan itu, kata mantan kuasa hukum Jessica ini, ia menduga kepolisian menyalahi prosedur terkait laporan Partai NasDem.

“Dalam kasus ini kami melihat bahwa sebenarnya ada panggilan kepada Pak Rizal itu langsung penyidikan. Ini merupakan suatu hal yang mungkin tidak sesuai prosedur yang kami lihat,” jelasnya.

“Setelah diketahui ada pidana atau tidak, barulah ditentukan, baru dinaikkan penyidikan untuk tahu siapa pelakunya. Nah ini, belum diketahui apakah ada tindak pidana sudah langsung mencari siapa pelakunya,” sambung Otto.

Sebagaimana diketahui, Ketua Bidang Hukum, Advokasi, dan HAM Partai Nasdem Taufik Basari telah melaporkan Rizal Ramli terlebih dulu ke Polda Metro Jaya pada 17 September 2018.

Taufik melaporkan Rizal Ramli atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah. Laporan itu merujuk pada pernyataan Rizal ketika menjadi narasumber di program dua stasiun televisi masing-masing pada 4 dan 6 September 2018.

Dalam dua acara itu, Rizal menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak berani menegur Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita karena takut kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Pernyataan Rizal Ramli terkait kebijakan impor garam di dua televisi itu dianggap telah menghina dan mencemarkan nama baik Surya Paloh.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...