logo

29/10/18

Opick Ingin Jadikan Golok Sebagai Warisan Budaya Indonesia

Opick Ingin Jadikan Golok Sebagai Warisan Budaya Indonesia

NUSANEWS - Penyanyi religi Opick memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan cara berbeda. Sebagai ketua umum Seni Golok Indonesia (SGI), Opick mengadakan turnamen Seni Golok Indonesia di Kota Depok, Jawa Barat.

Pemilik nama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus ini mengatakan, turnamen diselenggarakan dalam upaya melestarikan budaya nasional, Seni Golok.

“Peserta turnamen ini datang dari berbagai daerah di Indonesia dengan menyuguhkan kekhasan daerah masing-masing,” kata Opick di sela-sela pembukaan turnamen SGI, Minggu (28/10).

Menurut Opick, SGI merupakan sebuah organisasi yang mewadahi perguruan silat dengan senjata tajam golok. “SGI didirikan untuk menjadi rumah persahabatan, persaudaraan para pendekar seluruh Indonesia, jawara, dan pesilat Indonesia,” ujarnya.

Pelantun Tombo Ati itu berharap, turnamen SGI menjadi agenda periodik setiap tahun yang mempertandingkan empat pertandingan, yakni Beregu Golok, Tunggal Golok, Tunggal Tangan Kosong dan Beregu Tangan Kosong. “Kami juga akan memperjuangkan ke Unesco agar golok dapat menjadi warisan budaya dunia,” harapnya.

Dalam acara tersebut, Opick sempat mempertontonkan “Jurus Si Kumbang”. Namun, karena faktor umur, Opick terlihat kelelahan saat menunjukan kebolehannya bermain silat.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...