logo

28/10/18

Kisah Ibu yang Miliki 44 Anak, Dibesarkan tanpa Suami

Kisah Ibu yang Miliki 44 Anak, Dibesarkan tanpa Suami

NUSANEWS - Seorang ibu bernama Mariam Nabatanzi membuat heran sekaligus kagum banyak orang karena punya begitu banyak keturunan. Apalagi ia harus mengurus anak sendirian karena ditinggalkan suaminya.

Mariam Nabatanzi pun jadi perbincangan karena punya puluhan anak.

Ia memiliki total 44 anak namun enam di antaranya telah meninggal.

Mariam ‘dijual’ untuk menikah di usia sangat muda yakni 13 tahun. Setahun kemudian ia melahirkan satu anak, tahun berikutnya dua anak kembar, tahun selanjutnya tiga anak kembar, dan tahun berikutnya empat anak kembar.

Total ia melahirkan 44 kali dengan enam pasang kembar dua, empat pasang kembar tiga, tiga pasang kembar empat, dan dua anak tanpa kembar. Wanita 39 tahun itu pun ternyata memang memiliki kondisi rahim yang subur. Sempat ingin melakukan tindakan agar berhenti punya anak, sayangnya hal itu diprediksi dokter bisa membahayakan kesehatan.

Memiliki banyak anak mungkin terlihat sebagai beban bagi sebagian orang. Namun Mariam mengaku tidak memiliki penyesalan dan menganggapnya sebagai karunia dari Tuhan.

Satu-satunya hal yang ia kesali adalah ketidakhadiran ayah anak-anaknya. Suami Mariam telah pergi tanpa kabar dan tidak pernah membantu mengurus anak-anak mereka, kecuali memberi nama yang kadang dilakukan melalui telepon.

Meski begitu, Mariam tidak punya waktu untuk mengeluh atau merasa iba dengan diri sendiri. Ia pun bersungguh-sungguh dalam mendedikasikan hidupnya untuk keluarga dengan cinta dan kasih sayang. Tak hanya sekadar memberi makan, Mariam juga berharap bisa mempersiapkan masa depan mereka.

Semua anak Mariam pun menempuh pendidikan. Anak-anaknya yang sudah dewasa telah menjadi perawat hingga pekerja bangunan berkualifikasi. “Aku berharap anak-anakku berpendidikan dan karena mereka semua berambisii jadi dokter, guru, dan pengacara. Aku ingin mereka mencapai semua mimpi mereka, sesuatu yang tidak bisa aku lakukan,” ungkap wanita asal Uganda itu dilansir BBC.

Untuk menghidupi 38 anak, Mariam pun telah melakukan banyak pekerjaan. Ia mengumpulkan tanaman herbal, membuat kue, membantu membuat batu bata, mengepang rambut, mengurus berbagai acara, hingga menata rambut pengantin.

“Aku tahu anak-anak ini adalah hadiah dari Tuhan dan aku harus menyayanginya, jadi aku mencoba yang terbaik untuk menghidupi mereka,” kata Mariam.

“Aku selalu berusaha memastikan anak-anakku selalu punya makanan untuk dimakan. Aku tidak akan meninggalkan mereka, bahkan jika kami kesusahan untuk bertahan sehari-hari,” lanjutnya.

Mariam juga punya pesan untuk para pria dan suami di luaran sana. “Jangan lupakan tanggung jawabmu karena pernikahan adalah tanggung jawab bersama untuk membesarkan anak-anakmu,” tutur Mariam.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...