logo

11/10/18

Kapan Pemerintah Berani Naikkan Harga Premium?

Kapan Pemerintah Berani Naikkan Harga Premium?

NUSANEWS - Pemerintah menunda menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, setelah mengumumkan akan menaikkan harga sebesar 7%. Kapan pemerintah memungkinkan menaikkan harga premium?

VP Economist Permata Bank Josua Pardede menilai, kemungkinan pemerintah baru akan menaikkan harga premium pada tahun 2019. Hal itu dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat saat ini.

"Saya pikir juga pertimbangannya kenapa tahun depan karena kalau lihat APBN 2018 pemerintah berupaya menjaga daya beli masyarakat," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Selain daya beli, dia menilai kesiapan PT Pertamina (Persero) juga jadi pertimbangan pemerintah menunda kenaikan harga premium.

"Saya kalau lihat pemerintah masih pertimbangkan daya beli masyarakat dan juga kesanggupan dari Pertamina juga kalau kita lihat tahun ini," sebutnya.

"Tapi mungkin saja kalau tahun depan daya belinya cenderung bisa terpenuhi dari masyarakat, tentunya saya pikir akan ada peluang juga untuk menaikkan harga BBM premium," sambungnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan juga menganggap pemerintah tidak mau ambil risiko secara politik bila menaikkan premium tahun ini. Hal itu mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal maju lagi di Pilpres 2019.

"Secara keharusan sebenarnya memang sudah tepat ya untuk menaikkan (harga premium), cuma bicara secara political sekarang bukan waktu yang tepat lah, karena ini menyangkut kondisi politik kita ke depan. Apalagi Pak Jokowi masih maju lagi," tambahnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...