logo

31/10/18

Ini Alasan Kenapa Black Box Menjadi Barang Paling Dicari Saat Pesawat Jatuh

Ini Alasan Kenapa Black Box Menjadi Barang Paling Dicari Saat Pesawat Jatuh

NUSANEWS - Ketika sebuah pesawat mengalami kecelakaan, pasti salah satu barang yang paling dicari yaitu black box. Karena dengan menemukan black box, penyebab kecelakaan pesawat bisa diketahui.

Alasan benda black box paling dicari karena menyimpan semua data tentang penerbangan tersebut sampai percakapan terakhir kapten pesawat dengan menara ATC. Walau memiliki nama black box namun barang ini tidak berwarna hitam.

Barang ini justru berwarna orange. Hal ini agar memudahkan pencarian black box, sehingga black box dibuat dengan warna orange.

Black Box Pesawat

Black box sendiri akan menjadi barang paling dicari jika sebuah pesawat mengalami kecelakaan. Dari black box ini, akan diketahui penyebab sesungguhnya kenapa pesawat bisa mengalami kecelakaan.

Namun, biasanya black box menjadi barang yang paling sulit untuk dicari. Black box sendiri sebenarnya akan memberikan sinyal jika terkena air.

Sinyal ini akan muncul per 1 detik selama 30 hari agar para pencari bisa menemukan barang ini. Namun tentu, hal ini tergantung dari teknologi yang dimiliki oleh tim pencari juga.

Black box memang sudah didesain dengan pelindung titanium dan besi yang tahan terhadap air, panas, dan beban yang berat. Selain itu, sistem perekaman pada black box saat ini sudah dapat dikatakan lebih baik dengan menggunakan solid state memory chips.

VoxJenis Black Box yang Ada di Pesawat
Black box memang memiliki 2 komponen, yaitu Cockpit Voice Recorder dan Flight Data Recorder.

Agar komponen Cockpit Voice Recorder akan merekam suara komunikasi pilot selama 2 jam yang nantinya akan terbagi ke 4 channel. Sedangkan untuk Flight Data Recorder akan merekam 25 jam data saat pesawat terbang.

VoxContoh Flight Data Recorder

Informai dari Flight Data Recorder ini akan bisa didapatkan animasi bagaimana pesawat tersebut bisa mengalami kecelakaan tersebut.

Namun, untuk penguraian data tersebut sendiri memerlukan waktu dan teknologi yang mempuni. Black box biasanya ditaruh pada ekor pesawat, dimana merupakan tempat yang dianggap cukup aman.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...