logo

24/10/18

Diprediksi Tak Lolos ke DPR, PAN: Faktanya Tak Begitu

Diprediksi Tak Lolos ke DPR, PAN: Faktanya Tak Begitu

NUSANEWS - Litbang Kompas merilis hasil survei mengenai elektabilitas partai politik. PAN menjadi salah satu partai yang mempunyai elektabilitas rendah dan diprediksi tak lolos Parliamentary Threshold (PT).

Wasekjen PAN Saleh Daulay mengatakan survei yang menyatakan elektabilitas PAN rendah sudah sering dipublikasikan. Namun faktanya PAN bisa membuktikan prediksi survei tidaklah benar.

"Survey seperti ini sudah sering dilakukan. Hampir setiap pemilu selalu dinyatakan seperti itu. Faktanya, hasil pemilu sesungguhnya jauh dari yang disebutkan dari survey tersebut. Pemilu yang lalu, survey memprediksi PAN hanya dapat sekitar 2 persen. Hasil pemilu sesungguhnya jauh berbeda. Terbukti PAN mendapatkan 7,59 persen," kata Salah saat dihubungi, Selasa (23/10/2018) malam.

Meski demikian, Saleh mengatakan hasil survei Litbang Kompas akan menjadi cambukan bagi para kader untuk bekerja lebih keras. Dia berharap perolehan kursi PAN lebih baik dari tahun lalu.

"Bagi PAN, hasil survey apa pun akan menjadi cambuk untuk semakin bekerja keras. Kerja para kader dan simpatisan tetap dan akan ditingkatkan. Harapan kami, hasil pemilu tahun depan jauh lebih baik dari pemilu yang lalu," jelas Saleh.

Litbang Kompas baru saja merilis hasil surveinya. Hasilnya, hanya lima partai politik yang lolos ke parlemen.

Hasil survei tersebut dipublikasikan pada Selasa (23/10). Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 24 September hingga 5 Oktober 2018.

Survei tersebut mengambil 1.200 responden secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat (stratified random sampling) di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error +/- 2,8 persen.

Parliamentary threshold (PT) atau ambang batas suara untuk parlemen buat Pemilu 2019 telah ditetapkan sebesar 4 persen. Dengan demikian, menurut hasil survei ini, hanya lima partai yang lolos PT.

Berikut hasil survei Litbang Kompas:

PDIP: 29,9%
Gerindra: 16%
PKB: 6,3%
Golkar: 6,2%
Demokrat: 4,8%

Parpol dengan elektabilitas di bawah 4 persen menurut survei Litbang Kompas:

NasDem: 3,6%
PKS: 3,3%
PPP: 3,2%
PAN: 2,3%
Perindo: 1,5%
Hanura: 1,0%
Berkarya: 0,4%
PSI: 0,4%
PBB: 0,4%
Garuda: 0,3%
PKPI: 0,1%

Belum tahu/rahasia: 20,4%


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...