logo

31/10/18

Bea Cukai Tangerang Gagalkan Peredaran Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Bea Cukai Tangerang Gagalkan Peredaran Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

NUSANEWS - Bea Cukai Tangerang menggelar konferensi pers hasil penindakan rokok ilegal, Rabu (24/10). Dari penindakan yang dilakukan petugas Bea Cukai pada akhir Agustus 2018, berhasil diamankan 208.800 batang rokok ilegal dengan berbagai merek dagang.

Rokok tersebut rencananya akan dijual kembali secara eceran di warung dagang di wilayah Tangerang Selatan, dan diketahui motif dari peredaran rokok ilegal ini selain untuk menghindari pungutan cukai, adalah mencari keuntungan.

Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto menyatakan, penindakan ini berawal dari patrol darat yang dilakukan petugas Bea Cukai pada akhir Agustus 2018.

“Pada tanggal 27 Agustus 2018, petugas melakukan patrol di wilayah Tangerang Selatan. Sekitar pukul 22.00 WIB petugas menemukan mobil jenis minibus yang mengangkut 208.800 batang rokok ilegal,” ungkap Aris di kantor Bea Cukai, Tangerang, Banten, Rabu (31/10).

Petugas kemudian melakukan penyidikan dan menemukan seluruh merek dagang rokok yang disediakan tersangka untuk dijual tidak terdaftar di aplikasi cukai milik Bea Cukai serta kertas yang terdapat pada kemasan merupakan pita cukai palsu atau bukan pita cukai yang diwajibkan.

“Petugas menemukan fakta bahwa asal rokok ilegal tersebut berasal dari seorang pria berinisial D yang berdomisili di kota Bogor. Kami juga telah berkoordinasi dengan Bea Cukai Bogor untuk melakukan pencarian tersangka,” ungkap Aris.

Kasus ini menyebabkan kerugian negara yang mencapai Rp 80 juta. Status berkas perkara saat ini telah dinyatakan lengkap oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan. Sedangkan tersangka dan barang bukti diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan untuk mengikuti proses hukum lebih lanjut.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...