logo

13/10/18

Bawaslu Loloskan Tiga Caleg Eks Napi Koruptor, Ini Kata ACC

Bawaslu Loloskan Tiga Caleg Eks Napi Koruptor, Ini Kata ACC


NUSANEWS - Badan Pengawan Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan (Sulsel) meloloskan tiga calon legislatif (caleg) eks napi koruptor lewat sidang adjudikasi.

Ketiga caleg tersebut yakni caleg DPRD Sulsel partai Berkarya Muchlis Matu, caleg DPRD Luwu Utara dari Partai Demokrat Ridwan Khalid, caleg DPRD Pinrang dari Partai Hanura Andi Wahyudi.

Menanggapi hal itu, Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi menilai, kualitas pemilu di Sulsel masih jalan stadnan.

Peneliti ACC Ali Asrawi mengatakan, dua penyelenggara Pemilu pun berbeda pegangan dalam menyikapi hak eks napi koruptor yang akan ikut mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

“Bawaslu berpegang pada undang undang. Sedangkan, KPU berpegang pada PKPU. Putusan MA sudah punya kekuatan hukum tetap yang membolehkan bekas napi korup caleg,” kata Ali Asrawi, Sabtu (13/10/2018).

“Tapi disayangkan karena kualitas pemilu kita belum beranjak kemana – mana,” sambung Ali Asrawi yang akrab disapa Ayie.

Sehingga, kata Ayie, saat ini, menjaga pemilu yang berkuakitas itu ada di tangan rakyat. Masyarakat harus mampu melihat latar belakang caleg yang akan bertarung di Pileg 2019.

“Bolanya sekarang ada di publik yang kini harus lebih melihat rekam jejak. Mau lembaga legislatif yang berkualitas, jangan pilih caleg korup,” tutup Ayie.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...