logo

24/10/18

Akankah LPPOM MUI Menyertifikasi “Wine Halal”?

Akankah LPPOM MUI Menyertifikasi “Wine Halal”?

NUSANEWS - Pada pertengahan bulan ini, beredar kabar adanya “Wine Halal” yang ditampilkan dalam acara Jogja Halal Fest 11-14 Oktober 2018 lalu. “Wine Hala” itu bernama Espora.

Espora mengklaim produk wine tersebut sama sekali tak mengandung alkohol dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari beberapa lembaga sertifikasi halal internasional.

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), lembaga yang saat ini memiliki kewenangan untuk melakukan sertifikasi produk halal, mengaku belum menerima permohonan sertifikasi halal dari Espora.

“Mereka belum mengajukan,” ungkap Wakil Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati saat berbincang di Bogor, Selasa 23 Oktober 2018.

Hanya saja, Muthi memberikan panduan dari MUI tentang sertifikasi halal terkait nama-nama produk yang mirip dengan produk-produk yang haram. Menurutnya, produk yang mempunyai indikasi haram, memiliki rasa baru yang menyerupai yang haram, tidak boleh disertifikasi.

“Wine halal, beer zero alcohol, yang model-model seperti itu mengindikasi sesuatu yang haram,” jelasnya.

Berdasarkan fatwa MUI, lanjut Muti, meskipun diproduksi berdasarkan bahan-bahan halal, produk-produk tersebut tidak bisa disertifikasi oleh LPPOM MUI. Alasannya MUI mengambil sikap preventif untuk mendidik dan melindungi umat dari mengonsumsi sesuatu yang haram.

Menurut Muti jika orang sudah terbiasa menyukai yang imitasi, selangkah lagi akan menuju ke yang haram. Sebab tidak ada lagi sensitif terhadap yang haram.

Terkait adanya lembaga lain yang memberikan sertifikat halal ke produk-produk tersebut, Muti mengaku tidak tahu. Hal itu bisa saja terjadi sebab bisa jadi lembaga sertifikasi tersebut memiliki kebijakan yang berbeda dengan MUI.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...