logo

26/10/18

Ada Rekening Khusus Penampung Dana Suap Jabatan, Bupati Cirebon Bilang Begini

Ada Rekening Khusus Penampung Dana Suap Jabatan, Bupati Cirebon Bilang Begini

NUSANEWS - Lebih dari 24 jam menjalani proses pemeriksaan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra resmi ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat menuju mobil tahanan dengan menggenakan rompi tahanan bewarna oranye, sekitar pukul 00:09 WIB, Bupati Cirebon ini sempat berkomentar terkait kasus yang membelitnya.

Sunjaya Purwadi membantah telah menerima uang Rp 100 juta dari Gatot Rachmanto selaku Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon terkait dugaan suap dalam mutasi jabatan.

“Saya disangkakan menerima uang Rp 100 juta, sampai sekarang saya belum pernah menerima uang itu,” ujar Sunjaya usai diperiksa di Gedung KPK, Jumat, 26 Oktober 2018.

Selain itu, Sunjaya membantah adanya rekening khusus untuk menampung uang dugaan suap terkait jual beli jabatan tersebut. “Enggak ada, tidak ada itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan kronologi penangkapan Sunjaya pada Rabu, 24 Oktober 2018.

Sebelumnya, tim KPK menerima informasi akan terjadi transaksi suap jual beli jabatan dan gratifikasi kepada Sunjaya. Kemudian, tim penyidik menuju kediaman ajudan Sunjaya berinisial DS dan mengamankan uang Rp 116 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

“Tim juga mendapatkan bukti setoran ke rekening penampungan milik Bupati yang diatasnamakan orang lain senilai Rp 6.425.000.000,” ungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di gedung KPK, Kamis (25/10).

Sementara, Sekretaris Dinas PUPR Pemkab Cirebon, Gatot Rachmanto juga resmi ditahan KPK. Gatot merupakan pemberi suap Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra.

Gatot keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (25/10) sekitar pukul 23.10 WIB mengenakan rompi tahanan warna oranye.

Dia hanya tersenyum tanpa sepatah katapun Gatot langsung berjalan menuju mobil tahanan. Penyuap ini juga tampak memakai tas ransel di bagian depan tubuhnya.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...