logo

28/10/18

5 Rekomendasi Film untuk Rayakan Sumpah Pemuda

5 Rekomendasi Film untuk Rayakan Sumpah Pemuda

NUSANEWS - Tepat 90 tahun Indonesia merayakan Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Sumpah Pemuda menjadi momen untuk membangkitkan rasa cinta tanah air, di dalam jiwa pemuda penggerak bangsa.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan Sumpah Pemuda. Salah satu cara sederhana ialah dengan menonton film-film perjuangan anak muda Indonesia. Berikut rekomendasi film dari kumparan untuk disaksikan di hari Sumpah Pemuda ini.

1. Gie



Film yang rilis pada 2005 ini merupakan garapan sutradara Riri Riza. Film ini diperankan oleh Nicholas Saputra, Wulan Guritno, dan Jonathan Mulia. Gie mengisahkan tentang sosok Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas indonesia yang dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam. Film ini menggambarkan petualangan Soe Hok Gie mencapai tujuannya untuk menggulingkan rezim Sukarno, dan perubahan-perubahan dalam hidupnya setelah tujuan ini tercapai.

2. Negeri Dongeng




Film drama dokumenter ini menceritakan tentang 7 sineas muda Indonesia, berbekal 7 buah kamera, dan mendaki 7 puncak gunung tertinggi di nusantara. Perjalanan panjang membuat mereka mengupas cerita pada setiap tempat yang disinggahi. Pertemuan dengan orang-orang baru selama penjelajahan darat, laut, dan udara, memperlihatkan betapa Indonesia begitu kaya dan luas untuk dijelajahi bersama-sama. Film ini dirilis pada 2017 lalu dan disutradarai oleh Anggi Frisca.


3. Sokola Rimba


Seorang perempuan bernama Butet Manurun --diperankan oleh Prisia Nasution--memutuskan untuk mengajarkan baca, tulis, dan menghitung kepada anak-anak Orang Rimba, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas, Jambi. Namun kelompok masyarakat suku anak dalam itu sebagian besar masih percaya bahwa belajar baca tulis bisa membawa malapetaka bagi mereka.

4. Tanah Surga Katanya




Film tahun 2012 ini bercerita tentang sebuah keluarga yang tinggal di perbatasan Indonesia Malaysia yang penuh dengan persoalan tersendiri. Sebab, masyarakatnya masih terbelakang dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Mereka harus berjuang setengah mati untuk mempertahankan hidup mereka.


5. Dilan 1990


Enggak melulu soal nasionalisme, perjuangan anak muda juga tentang cinta. Seperti yang dikisahkan di film Dilan 1990 ini. Film yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan  sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea ini bercerita soal dua anak SMA yang jatuh cinta.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...