logo

28/10/18

2 Joki Tes CPNS di Makassar Tertangkap, Begini Kemarahan Netizen

2 Joki Tes CPNS di Makassar Tertangkap, Begini Kemarahan Netizen

NUSANEWS - Dua orang joki tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Makassar, Sulawesi Tengah, ditangkap oleh polisi. Mereka ditangkap di titik lokasi RRI Makassar. Laporan tersebut berasal dari Badan Kepegawaian Negara lewat akun resmi Twitter @BKNgoid.

"Setelah diinterogasi, langsung digelandang oleh pihak kepolisian. Say no to joki, say no to cheating," tulis akun BKN tersebut, Ahad, 28 Oktober 2018.

Cuitan tersebut langsung mengundang amarah netizen dan berkembang viral. Hingga kini setidaknya ada 155 komentar yang menyayangkan masih terjadinya percaloan dalam tes CPNS. Sebanyak 189 orang yang me-retweet cuitan tersebut dan 481 orang yang membubuhkan tanda like.

Seperti akun @fuadcaniago misalnya. Tak habis pikir dengan alasan para peserta tes CPNS itu menggunakan joki, ia menuliskan, "sebegitu ga percaya nya sama kemampuan diri sendiri? sia2 aja Allah menciptakan akal dan pikiran."

Selanjutnya, akun @Ismaaaawt selain menyayangkan tindakan kecurangan tersebut, dia juga memberikan menyemangati seluruh peserta CPNS. "Indonesia nda kekurangan org pinter,indonesia kekurangan org jujur,makanya KPK OTT mulu. ayo semua pemuda pejuang asn, bangsa kita kelak ditangan kita, jangan teruskan cara cara busuk kalo ingin negri ini lebih baik. Selamat memperingati sumpah pemuda," tulis dia.

Ada juga Decky Canser yang meminta bahwa CPNS yang menggunakan joki untuk tes agar di-blacklist seterusnya. "Akun yg pake joki blacklist aj seumur hidup."

Lain lagi Nanang Fauzi yangmempertanyakan apakah peserta tes CPNS yang menggunakan joki nantinya bisa lolos masih bisa bangga di kemudian hari. "Duh, memalukan. Yang mau ikut tes malah gak percaya diri. Apa enaknya jika joki itu tak ketahuan dan lolos tes, tapi bukan hasil jerih payah sendiri. Masih bangga?" ujarnya seperti dikutip dari akun @nanangfauzi.

Sementara Andy Udin berharap di masa mendatang bakal ada perbaikan dalam rekrutmen CPNS agar efektif mencegah praktik joki. "Ini yang ketangkep..yang ga??? Saran min, untuk perekrutan masa mendatang buat lah sistem anti joki.. Pake fingerprint misalx.." ujarnya seperti dikutip dari akun Twitter @ANdi_Illunk.

Pada Jumat, 26 Oktoner 2018 BKN secara serentak menggelar seleksi tahap selanjutnya bagi para pelamar CPNS 2018. Adapun pada tes tahap ini BKN mengelar tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD yang menggunakan model tes berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). BKN menjadwalkan keseluruhan tahapan tes ini bakal digelar mulai 26 Oktober 2018 hingga 17 November 2018.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara atau BKN, Mohammad Ridwan mengatakan masih ditemukan beberapa kendala pada pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS di hari kedua. Namun, kendala tersebut sudah berkurang jika dibandingkan dengan pelaksanaan di hari pertama.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...