logo

09/09/18

Pelemahan Rupiah bikin harga daging beku melejit hingga Rp 100.000 per Kg

Pelemahan Rupiah bikin harga daging beku melejit hingga Rp 100.000 per Kg

NUSANEWS - Dampak pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat atau USD nyatanya cukup dirasakan oleh sejumlah pedagang daging di Pasar Baru Bekasi, Jawa Barat. Rupiah yang sempat menyentuh level Rp 15.000 tersebut, rupanya berpengaruh terhadap harga jual daging impor.

Salah satu pedagang daging, Doni mengungkapkan, imbas dari meroketnya mata uang Negeri Paman Sam tersebut membuat harga daging impor cukup melonjak. Dari semula yang hanya mencapai sekitar Rp 70.000 per kilogram (Kg) kini bisa berada di level Rp 100.000 bahkan lebih.

"Kalau daging impor ada kenaikan, otomatis itu pengaruh dari dolar. Sebelumnya, Rp 70.000 per Kg sekarang bisa Rp 100-110 ribu per Kg," ujarnya saat berbincang dengan merdeka.com, di Bekasi, Minggu (9/9).

Tak hanya pada daging impor, untuk daging lokal sendiri juga telah mengalami peningkatan. Doni menuturkan, harga jual daging lokal yang biasa dibanderol Rp 115.000 kini dijual seharga Rp 120.000 per Kg.

"Kalau (daging) impor karena dolar. Kalau lokal ya standar lah," imbuhnya.

Hal senada juga dingkapkan oleh pedagang lainnya Syakiri. Dirinya menyebut, faktor pelemahan Rupiah tersebut membuat daging impor kian meningkat. Hal tersebut membuat, dirinya dan pedangang lainnya mau tidak mau ikut serta menaikan harga jula di pasaran.

"Gara-gara dolar naik jadi imbasnya kenaikan," tandasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...